Upaya Pelestarian Budaya Milangkala Ke-3 BMMK, Gelar Pagelaran Seni Dan Budaya Di Rumah Inspirasi Kembang Djohar Tempuran

 

KARAWANG || Berita.IMN.com – Dalam upaya pelestarian kebudaya’an, Badan Musyawarah Masyarakat Karawang (BMMK) pada milangkala ke 3 menggelar kegiatan beberapa pagelaran Pentas seni dan budaya, berlokasi di Rumah Inspirasi Wisata Kembang Djohar, Desa Sumberjaya, Kecamatan Tempuran, Karawang, Sabtu (11/12/2021).

Acara berlangsung dari pagi hingga sore hari, di isi dengan pagelaran Seni dan Budaya seperti Penampilan Topeng Banjet, Tari Jaipong dan beberapa kegiatan lainnya dengan unsur kesenian, seperti halnya Tarian Rampak dari Sanggar Puspa Wangi, Seni Topeng Banjet Sinar Pusaka Warna Abah Pendul, selain itu juga pemberian pengharga’an secara simbolis berikut uang kadeudeuh oleh H. Pendi Anwar SE sebagai Ketua Umum BMMK Karawang kepada beberapa Tokoh Seniman Maestro.

Turut hadir beberapa Tokoh Masyarakat karawang seperti Pengacara kondang Karawang Asep Agustian, Ketua Lodaya Kang Nace Permana, Pakar Seni dan Budaya Jatisari H. O’o Nurohman, H. Okih Hermawan mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudaya’an yang juga telah berjasa sebagai Fasilitator atas terbentuknya BMMK, Camat berikut jajaran Muspika Kecamatan Tempuran beserta Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat setempat, khususnya di Desa Sumberjaya, dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Pendi Anwar SE, sebagai Ketua Umum BMMK menuturkan harapannya di milangkala ke 3 BMMK untuk Seniman dan Budayawan di Kabupaten Karawang.

“Hanya inilah yang bisa kami lakukan untuk seluruh seniman di Kabupaten Karawang, dengan perayaan milad ini, harapan saya semoga kedepannya seniman dan budayawan bisa lebih terorganisir lagi, sebagai bentuk penghargaan dan upaya BMMK melestarikan Kesenian dan Kebudaya’an. Sekarang mungkin baru seribu lebih yang sudah di asuransikan, kedepannya di tahun 2022 kita targetkan seribu lagi untuk bisa didaftarkan,” tuturnya

Dalam acara tersebut, diceritakan Sejarah Lahirnya BMMK, beserta laporan pencapaian BMMK bahwa sebanyak 2117 seniman sudah terdaftar di database BMMK, meskipun itu hanya sebagian kecil yang baru terdaftar, karena masih ada beberapa kendala terkait pendata’an, disampaikan juga ada 1058 kelompok seni tradisi, modern dan religi yang telah diajukan dan di SK kan, dibahas juga tentang asuransi dan pembuatan KTA seniman yang sudah menginjak di tahap ke 2.

(NN).

author

Author: