Wujudkan Lingkungan Sehat, Kades Sumurgede Bersama Tokmas Dan Warga Adakan Kegiatan Kerja Bakti

KARAWANG JABAR || Berita.IMN.comMeski di tengah Pandemi Covid -19, namun Pemerintah Desa Bersama paraTokoh Masyarakat dan warga tetap antusias gotong royong mengadakan kegiatan kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sepanjang jalan dari perbatasan dusun 5 sampai keperbatasan dusun 1 Desa Sumurgede, Kecamatan Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Sabtu (25/12/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Pemdes Sumurgede bersama Para Tokoh masyarakat dan Warga sekitar, membersihkan dahan dan ranting yang dirasa terlalu lebat dan tak sedap dipandang mata, terlihat para warga tersebut membawa berbagai perlengkapan. Seperti cangkul, parang dan keperluan lainnya untuk membersihkan ranting-ranting dan rumput liar yang mengganggu tersebut dibabad sampai bersih dan terlihat rapi.

Mengingat bahwa sekarang mulai memasuki musim penghujan, selain membersihkan ranting yang mengganggu, kegiatan tersebut juga difokuskan untuk membersihkan sampah disekitar sepanjang jalan raya yang meliputi wilayah Desa Sumurgede, karena dikhawatirkan nantinya akan menjadi penyebab banjir akibat tersumbatnya aliran air, apalagi belakangan ini sampah memang sering menjadi hal yang sering dikritik dan diperdebatkan masyarakat, akibat dari ulah oknum pembuang sampah yang tidak tahu aturan.

” Dari kegiatan seperti ini, diharapkan kesadaran bersama, karena dari lingkungan yang bersih itu mencerminkan pola hidup masyarakat yang baik dan sehat. Dan kami sebagai pemdes hanya bisa memfasilitasi, apalagi di musim hujan seperti ini, agar gak jadi sarang jentik nyamuk penyebab penyakit. Kita pun kedepannya akan berupaya untuk bisa menyiapkan tong sampah disepanjang jalur Sumurgede ini,” tutur Sotim selaku Sekretaris Desa (Sekdes).

Disampaikan Sotim, kerja bakti ini juga sebagai ajang silaturahmi antar warga. Sotim berharap kegiatan baik ini bisa dilanjutkan secara rutin paling tidak dua minggu sekali.

Asan Permana selaku Kepala Desa Sumurgede, menjelaskan, jangan sampai ada yang membuang sampah sembarangan lagi dipinggir jalan.

” Mengingat bahwa kebersihan itu merupakan tanggungjawab bersama, untuk kegiatan seperti ini sengaja kita gelar, selain untuk menumbuhkan kesadaran bersama mengenai kebersihan, setelah kegiatan seperti ini juga jangan sampai ada lagi yang membuang sampah dipinggir jalan sembarangan, karena dampaknya sangat mengganggu dan mencemari lingkungan,” Jelas Asan Permana.

Sementara, H. Sukman selaku Tokoh Masyarakat sekitar yang ikut serta dalam kegiatan,” Kami berharap agar kedepannya masyarakat bersama pemdes bisa bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan, agar dapat menciptakan nuansa lingkungan yang interasih, tolonglah masing-masing diharapkan kesadarannya,” Harapnya.

(NN).

author

Author: