Kepala Desa Telukbango, Bantah Tudingan Terkait Dugaan Palsukan LPJ Fiktif BLT-DD Covid-19 TA 2020

KARAWANG, Berita.IMN.com – Kepala Desa ( Kades ) Telukbango Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Subur Suhada Membantah Tudingan soal BLT-DD tidak disalurkan kepada Warga, menurutnya sudah disalurkan kepada 250 Keluarga penerima manfaat ( KPM ), bukan itu saja dalam pemberitaan tersebut disebutkan bahwa diduga melakukan pemalsuan Data untuk memuluskan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) fiktif Dana Desa (DD) T.A.2020.

Dengan adanya hal tersebut, Awak media mendatangi Kepala Desa Telukbango, untuk mengklarifikasi dan membantah yang sebenarnya dalam pemberitaan disalah satu media online, Kamis ( 17/06/2021) siang.

Kepala Desa Telukbango Subur Suhada, langsung memberikan klarifikasi dan bantahan, pada saat dikonfirmasi terkait dugaan pemalsuan Data LPJ fiktip BLT dari Dana Desa menegaskan, bantuan BLT Telukbango dibagikan oleh panitia tingkat dusun yg terdiri dari BPD,LPM, Kadus,RT, RK, dan unsur tokoh masyarakat, Insya tidak ada satupun penyimpangan.

“Kalau mau klarifikasi kebenarannya silahkan kepada panitia tingkat dusun, karena dana BLT dari bendahara langsung kepada panitia tingkat dusun, serta data penerima BLT ada dimasing- masing dusun, karena ini sudah menyangkut fitnah,”Tegas Subur Suhada Kepada Berita.IMN.com, pada saat diwawancara, Kamis (17/06/2021).

Disisi lain di tempat terpisah, pada saat kroscek langsung kepada keluarga penerima manfaat (KPM), di Dusun Tengah2 Rt.04/Rw.02 ditempat kediamannya, yang didampingi perangkat Desa RT setempat diantaranya, ibu yangkih yang mewakili suaminya, Karyati, Iwan, Taimin, dan Ibu Dedeh, mengatakan, saya menerima BLT di tahun 2020, masing-masing sebesar Rp.600.000 sebanyak 3x,” Alhamdulillah pa sangat bersyukur sekali, karena dengan adanya bantuan BLT DD iniĀ  merasa terbantu di masa pademi covid-19 seperti sekarang ini, dan saya Ucapkan banyak terimakasih kepada kepala Desa,” Kata keluarga penerima manfaat dengan nada singkat kepada awak media. KPM berharap, inginya dapat kembali, Walaupun masa pandemi Covid-19 sudah berlalu.

Sementara itu, ditempat terpisah Bendahara Desa Telukbango Mardanih menjelaskan, kami selaku bendahara Desa untuk proses pencairan realisasi BLT DD itu, dari kami dari desa kita bentuk tim masing-masing wilayah perdusun, terdiri dari BPD, LPM, Kadus, serta RT juga semua kita libatkan. Untuk pembagianya itu perdusun kita masing- masing kuota perdusun, uang itu kita serahkan kepada Team semuanya.

Mardanih menambahkan, adapun realisasi Dilapangan team yang membagikan semua sama penerima KPM itu semua. Insya Allah karena dibawah itu team banyak yang bekerja, insya Allah tidak ada penyimpangan, Karena masing masing disitu ada lembaga juga ikut serta, selain BPD, LPM, RT, Kadus, insya Allah beliau amanah di salurkan data yang kami terima dengan Jumlah total seluruhnya 250 KPM, tahap yang pertama itu sebesar Rp.600.000, dua bulan, untuk di bulan tahap ke dua Rp.600.000, dua bulan, dan tahap ke tiga itu tiga bulan, karena pencairannya itu tidak setiap bulan maka kita bagikan langsung tiga bulan KPM menerima, dan disitu ada tanda terima Poto dokumentasi lengkap, sesuai dengan yang di usulkan masing masing dusun.

“Alhamdulillah, kemarin sudah kita klarifikasi dengan team team yang sudah kita bentuk, ya termasuk ada dugaan dugaan nama tersebut yang katanya tidak dibagikan, ya sudah di klarifikasi kita panggil ya Alhamdulillah nama tersebut dia benar menerima, jadi insya Allah panitia dilapangan tidak ada mainlah, dan dibagikan sesuai data data nama tersebut,” Jelasnya.
( Ahmd ).

author

Author: