Kades Tambaksari : Terima Kasih Atas Program Aspirasi Rahmat Hidayat Djati, Sampai Ke Pesisir Laut Utara Karawang

 

KARAWANG, Berita.IMN.com – Masyarakat yang bermukim di wilayah pelosok, khususnya di wilayah pesisir laut utara Dusun Sarakan dan juga Dusun Pilang, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang. menyambut baik kedatangan rombongan petugas tim survei dari kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Karawang bersama tim aspirator dari Anggota DPRD Fraksi PKB Jawa Barat , Rahmat Hidayat Djati. yang langsung didampingi oleh Kepala Pemerimtahan desa Tambaksari, Jum’at ( 11/06/2021)

Secara bertahap, sepanjang akses jalan raya utama bagi aktifitas masyarakat dari wilayah pelosok pesisir laut Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, sesuai rencana akan menjadi bagian dari target sasaran kegiatan pembangunan infrastruktur yang diluncurkan melalui program aspirasi Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKB, Rahmat Hidahat Djati biasa disapa Rahmat Toleng. Seperti diketahui, Pemerintah provinsi Jawa Barat akan membangun tembok penahan tanggul di sepanjang bahu jalan raya agar tidak rusak dihamtam air Rob atau air laut pasang.

Seperti diutarakan Kepala Desa Tambaksari. Katam,S.Pd, ketika saat ikut terjun langsung mendampingi rombongan tim petugas survei dari kantor Dinas PUPR bersama tim aspirator anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKB, Rahmat Hidayat Djati menuju ke dua titik akses jalan raya utama, ribuan masyarakat di wilayah pesisir laut utara Dusun Sarakan dan juga Dusun Pilang, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kebuapten Karawang, Jawa Barat, Menurutnya. Rencana kegiatan pembangunan tembok penahan tanggul diharapkan mampu menyelamatkan kondisi infrastruktur akses jalan raya yang berada di wilayah pemukiman masyarakat pesisir laut Dusun Sarakan dan Pilang dari kerusakan akibat hantaman air rob saat air laut pasang,

“Saat ini ada beberapa titik akses jalan beton yang dibangun oleh Pemerintah desa yang hampir rusak oleh terjangan air rob karena tidak terlindungi oleh TPT (tembok penahan tanggul), dan kami berharap, program pembangunan dari aspirasi anggota dewan Pak Rahmat Toleng bisa berkelanjutan untuk membangun wilayah masyarakat kami secara bertahap,” pintanya.

Sambung Kades, kehadiran program pembangunan infrastruktur dari kegiatan aspirasi para wakil rakyat di DPRD Jawa Barat, khususnya dari Anggota DPRD Fraksi PKB Jawa Barat terasa seperti angin segar ditengah keterbatasan Pemerintahan desa untuk melaksanakan program pembangunan infrastruktur melalui program Dana Desa selama masih diperuntukan oleh Pemerintah pusat untuk menutupi kebutuhan program Bantuan Langsung Tunai bagi masyarakat pedesaan selama masa pandemik covid-19.

“Kami dari Pemdes Tambaksari sangat berterima kasih pada anggota DPRD Jawa Barat, terutama pada Kang Rahmat Toleng yang menjadikan wilayah pesisir laut utara Desa Tambaksari dari daerah utara Kabupaten Karawang sebagai bagian dari sasaran kegiatan. Mudah-mudahan,kegiatan pembangunan berkelanjutan,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi kegiatan, rombongan petugas dari kantor Dinas PUPR Pemkab Karawang bersama tim aspirator Anggota DPRD Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati, langsung terjun menuju titik lokasi sasaran yang diusulkan Kepala Desa setempat menuju sepanjang lebih dari 200 meter akses jalan utama bagi masyarakat dari Dusun Sarakan dan Dusun Pilang, Desa Tambaksari, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

Menurut Kades, sepanjang ratusan meter akses jalan raya di wilayah Dusun Sarakan dan Dusun Pilang merupakan infrastruktur utama penyangga beragam aktifitas kehidupan roda ekonomi masyarakat yang bergantung pada sektor perikanan dan kelautan.

“Pengiriman ikan laut maupun ikan budi daya tambak menuju daerah perkotaan melalui jalan raya di Dusun Sarakan dan Dusun Pilang. Di saat pandemik covid-19, kami dari Pemdes sangat terbantu mengingat sebagian besar anggaram program Dana Desa belum bisa dioptimalkan untuk pembangunan, masih terfokus pada program BLT sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat,” jelasnya.

( Red ).

author

Author: