Desa Gempolkarya, Pemecah Record Tercepat Tuntaskan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs

 

KARAWANG, Berita.IMN.com – Desa Gempolkarya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang mencatatkan diri sebagai Pemecah Record di Kecamatan Tirtajaya, dalam penyelesaian pendataan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Hal tersebut ditandai dengan Musyawarah Desa Khusus, yang dihadiri Kepala Desa, BPD, Ketua Pokja Tim Monitoring Kecamatan, dan wakil masyarakat.

Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa ini, merupakan pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) yang lebih detil, lebih mikro sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak dan sebagai proses perbaikan karena terdapat pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Pemerintah Desa Gempolkarya, melibatkan 24 enumerator dari warga desa setempat yang bertugas melakukan pendataan Desa, RT, Kepala Keluarga dan individu. Selama kurang lebih dua bulan para enumator yang masuk dalam pokja relawan pendataan SDGs bekerja keras melakukan pendataan dengan mendatangi rumah warga. Hingga akhirnya Desa Gempolkarya, menyelesaikan pendataan SDGs tercepat di Kecamatan Tirtajaya Karawang dari 11 Desa.

Kepala Desa Gempolkarya H.Sadi menyampaikan, penyelesaian pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tidak terlepas dari peran semua pihak yang selalu memberikan dukungan penuh agar berjalan dengan baik dan tepat waktu.

“Alhamdulillah, kita dapat menyelesaikan pemutakhiran data sebelum waktunya berakhir. Ini semua berkat dukungan dan kerja keras semua pihak terutama dari dukungan pihak kecamatan dan pendamping desa. Begitu juga dengan kerja keras para relawan dan para ketua RW dan RT serta sejumlah pihak lainnya,” kata H.Sadi, Kamis (17/6/2021).

Alhasil dalam pemutakhiran data di Desa Gempokarya terselesaikan pada tanggal 16 Juni 2021, penetapan tanggal 17 Juni 2021, dengan rincian instrumennya yakni survei desa sudah terselesaikan, survei RT sebanyak 10 RT, survei KK sebanyak 1.484 KK dan survei warga sebanyak 4475 warga.

“Alhamdulillah, data yang telah selesai ini akan menjadi pedoman buat kami dalam mengatasi permasalahan yang ada di desa nantinya dengan membuat program yang mengarah pada SDGs desa sehingga rencana pembangunan didesa kami semakin terarah menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Hal yang sama, di diutarakan TPP Kecamatan Tirtajaya yang akrab biasa disebut Bung Harta, bahwa Desa Gempolkarya merupakan Desa yang pertama melaksanakan musyawarah penetapan pendataan SDGs di Kecamatan Tirtajaya, tentunya ini merupakan langkah awal agar semua desa desa di Kecamatan Tirtajaya sudah menyelesaikan program tersebut, sebagaimana yang di atur dalam Perpres Nomor 59 Th 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kami TPP Kecamatan Tirtajaya sangat mengapresiasi pada Tim Ketua POKJA, Kades, BPD dan jajaranya yang sudah menyelesaikan pendataan, semoga desa yang lain cepat selesai,” pungkasnya.
(Mad).

author

Author: