Warga Desa Medankarya Pertahankan Dalam Menjaga Lingkungan, Inisiatif Kerja Bakti Membersihkan Saluran Sungai ( SS ) Tambun

KARAWANG, Berita.IMN.com Semangat gotong royong membersihkan lingkungan sampai saat ini masih terjaga. Seperti halnya Inisiatif kerja bakti yang dilakukan oleh puluhan masyarakat petani Desa Medankarya, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Senin (11/10/2021).

Mereka saat itu membersihkan dan mengangkut sampah yang ada di Saluran Sungai ( SS ), tepatnya di Saluran sungai Tambun. Sampah mengganggu aliran air menuju sawah yang dikelola warga. Selain itu, sampah menjadi penyebab tersumbatnya aliran air sehingga menyebabkan genangan di beberapa titik di Desa Medankarya.

Kasi Kesehjahteraan Desa Medankarya, Muhammad Umar menuturkan, kerja bakti menjadi kebiasaan rutin warga Desa Medankarya setiap memasuki musim tanam. Cuman agak tersumbat oleh sampah, langgeng ( Biya-biya ), yang ada disaluran air sungai tambun ke areal medankarya yang khususnya karangsetia ga sampai.

” Dan ancaman kekeringan, masalahnya yang mengintai saya bukan hanya kekeringan tapi faktor air asin, ketika memang air tawar tidak bisa mendorong otomatis air asin naik itu yang terjadi kendala petani. Karena inisiatif para petani kalau mengandalkan dinas terkait dinas pengairan ( Waker ) tidak bisa ditentukan karena mereka punya wilayah kerja kadang-kadang dibagian titik mana. Jadi untuk mengatasinya inisiatif kerja bakti,” Kata Umar pria berbadan kekar kepada awak media.

Umar menambahkan, dari mulai Rt, Kadus, Hansip, Dan termasuk saya didalamnya, jadi medankarya yang dipahami sama saya, jangankan terkendala permasalahan air mati lampu pun laporan kedesa. Untuk masalah air saya di telephone masyarakat siang malan kalau misal kurang air. Dia ( Umar-red ) berharap masyarakat tidak lagi kekurangan air ke pertanian, karena walaupun nanti kekurangan air maka khawatirnya gagal panen.” Saya harap dinas terkait khususnya waker yang wilayah kerjanya harus ikut turun tangan kerjabakti, dan jangan selalu petani yang harus turun tangan, untungnya ada dinas PSDA/TPOP yang selu berperan aktif bersama petani menanggulangi penyempitan SS tambun tersebut ,” Ucap dia.

( Mad ).

author

Author: