Tanpa Papan Nama, Proyek Pembangunan Saluran Irigasi Di Kecamatan Banyuates Jadi Sorotan, Diduga Proyek Siluman

SAMPANG, Berita.IMN.com Proyek pembangunan saluran irigasi yang terletak di Dusun Nepa, Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang sekilas tak ada yang aneh, secara kasat mata bangunan nampak rapih dan kokoh.

Namun siapa sangka proyek yang hampir selesai dalam proses pengerjaannya ini, sedari awal hingga sekarang ternyata tidak disertai dengan pemasangan papan proyek penerangan informasi , diduga proyek siluman.

Penelusuran awak media Berita.IMN.com di lokasi proyek, Sabtu (04/09/21). pekerjaan saluran irigasi diduga mangkrak, ternyata proyek tersebut belum selesai terbukti di lokasi proyek tidak ada tanda-tanda pengerjaan akan di lanjutkan karena proyek tersebut buntu, ukuran panjangnya hanya 50m , Sampai Berita ini diturunkan , pihak media belum bisa mendapatkan keterangan yang pasti, dari pihak pengelola, pasalnya penanggung jawab dari pekerjaan tersebut sampai saat ini belum di ketahui.
Tak satupun papan proyek yang terpasang, di depan bangunan maupun di sepanjang jalan. Sehingga menuai pertanyaan dari beberapa masyarakat yang melintas maupun yang tinggal di kisaran lokasi.

Sementara itu, menurut masyarakat setempat yang tidak mau dipublikasikan namanya mengatakan, sebagai penerima manfaat bangunan itu sulit menjalankan haknya untuk memantau dan mengawasi pembangunan tersebut yang diamanahkan oleh undang-undang karena tidak mengetahui jumlah pagu anggaran dan volume kegiatan fisik

“Menurutnya, Sesuai amanah undang-undang keterbukaan informasi publik (KIP) nomor 14 tahun 2008 dan Perpres nomor 54 tahun 2010 serta nomor 70 tahun 2012 dimana mengatur pengerjaan pembangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama ataupun papan proyek,”ungkapnya.

Untuk itu stakeholder Dinas terkait harus segera mengaudit dan mengusut tuntas tentang pengerjaan proyek tersebut. jika nantinya ditemukan adanya indikasi kerugian negara maka semua pihak wajib dimintai pertanggung jawaban.

“Diharapkan stakeholder Dinas terkait untuk turun ke lapangan melihat langsung apakah ada indikasi kerugian negara terkait pekerjaan saluran irigasi di desa Nepa,”jelasnya.

(Ah).

author

Author: