Sekieli Zebua Pengrajin Kayu Butuh Perhatian Dari Pemda Nias Utara

 

NIAS UTARA SUMUT, Berita.IMN.com – Sekieli zebua seorang pengrajin kayu bernuansa Nias yang bertempat tinggal di Desa Dahana Tugala Oyo Kecamatan Alasa Kabupaten Nias Utara, yang sehari-hari mengambil sebalok kayu bulat dari hutan untuk dipahat menjadi sebuah patung yang sangat bagus.

Sekieli Zebua saat di jumpai awak media selasa (26/10/21) di kediamannya menjelaskan bahwa “menjadi seorang pengrajin Kayu sudah sejak lama saya geluti. Namun, ada banyak kekurangan-kekurangan yang dapat menghambat karya saya hingga saat ini karena perkakas yang saya gunakan masih secara manual. Sehingga proses pengerjaannya terbilang cukup lama, sedangkan pengerjaan satu patung saja dapat menghabiskan waktu selama enam(6)hari kerja sedangkan harga setiap satu patung juga hanya berkisar mulai dari Rp.500.000,- s/d Rp.1.000.000,- saja (tergantung besarannya), belum lagi proses penjualannya harus menunggu beberapa bulan baru bisa laku satu,” Bebernya.

Lebih lanjut ianya berkata “padahal sebenarnya saya sangat berharap karya-karya saya ini dapat membantu ekonomi keluarga kami, namun terkadang nasib berkata lain,” Ungkapnya Penuh harapan.

Sekieli berharap “saya berharap adanya perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Utara untuk membantu serta memajukan karya saya ini, lebih-lebih Bapak Bupati Nias Utara Bapak AMIZARO WARUWU S.Pd yang selalu bersama Rakyat, dan yang tak pernah lalai memperhatikan penderitaan Rakyatnya,”pungkasnya.

Reporter : M90

author

Author: