Proyek Normalisasi Saluran Air Di Dusun Tegal Buah, Desa Ciptamargi Dirasakan Manfaatnya Oleh Para Petani

KARAWANG|Berita.IMN.com – Proyek Normalisasi Saluran Air di Dusun Tegal Buah, Dirasakan Manfaatnya Oleh Para Petani di Desa Ciptamargi, mulai merasakan manfaat Pelaksanaan Normalisasi Saluran tersebut. Semula panen padi dalam setahun selalu mengecewakan karena sering persawahan mereka kebanjiran dan bahkan susah untuk ditanam padi dalam persawahan mereka.Tapi Kini petani bisa 2 kali setahun panen.

Sementara itu Surya (60), warga Dusun Tegal buah RT.03/01 Desa Ciptamargi, Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang, mengatakan, dengan adanya Proyek Normalisasi sungai ini persawahan kami tidak banjir lagi, karena sebelumnya kami para petani hanya bisa menanam padi satu kali dalam setahun, itupun hasilnya mengecewakan, kini  bisa dua kali dalam setahun dan hasilnya memuaskan.

“Dengan sering kami menanam padi akan menambah penghasilan kami. Selain itu Proyek Normalisasi sungai ini dapat mengendalikan banjir di persawahan kami,”ungkap Surya pada saat di konfirmasi kepada Berita.IMN.com, Kamis (1/7/2021) sore sekira pukul 16.20 Wib.

Kami atas nama para petani disini mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa Ciptamargi, atas terlaksananya Proyek Normalisasi Saluran sungai ini. Surya menambahkan, Ucapan terimakasih, khususnya kepada Pemerintah Kabupaten yang telah membantu menyalurkan Anggaran dari APBD melalui Dinas PUPR, kepada pihak kontarktor sebagai pelaksana proyek normalisasi sehingga masyarakat bisa merasakan langsung manfaat dari pelaksanaan normalisasi ini, bagi masyarakat khususnya para petani.

“Dengan adanya pelaksanaan Normalisasi Saluran sungai ini, maka persawahan semakin baik. Tanaman padi ikut subur dan produksi panen juga meningkat, petani bisa mendapatkan hasil yang maksimal pada saat musim panen,” jelasnya.

Disisi lain, Hendrik selaku pihak kontraktor sebagai pelaksana proyek normalisasi, yang di percaya oleh dinas mengatakan, bawha pelaksanaan normalisasi merupakan Aspirasi dari masyarakat petani.

“Alhamdulillah dengan kesekian kalinya, dinas PUPR mempercayakan pekerjaan normalisasi kepada kami, sehingga pelaksanaan di kerjakan sesuai spek dan bestek, agar hasilnya dapat langsung dirasakan, khususnya masyarakat Desa Ciptamargi,” Kata Hendrik kepada awak media, pada saat di hubungi melalui Handphone selulernya dengan ramah.

Lanjut, ia ( Hendrik-Red ) di singgung terkait papan informasi, dengan penuh candaan menjawab, kami tidak berani mengerjakan suatu pekerjaan kalau tidak jelas juklak juknisnya, maka dari itu pekerjaan normalisasi di Desa Ciptamargi ada Surat Perintah Kerja ( SPK ), di dalam SPK tersebut sudah jelas ada lokasi jenis pekerjaannya, pagu anggaran, dan sumber anggaran serta CV yang mengerjakannya. Untuk papan informasi sesuai keterbukaan ada, kami sudah pasang, namun berhubung pekerjaan normalisasi kami sangat jauh dari lingkungan masyarakat, berada di tengah-tengah Sawah, dan sulit dilewati oleh kendaraan, jaraknya jauh untuk ke lokasi pelaksanaan normalisasi, terpaksa diamankan terlebih dahulu.” Kami sudah ada komunikasi dengan masyarakat petani sekitar, sekaligus dengan orang desa,”pungkasnya.
( Mad ).

author

Author: