Prihatin Pasar Jum’at Amburadul, Warga Minta Pengelolaan Diserahkan Kepada Masyarakat Desa Palas Jaya

Foto : Kepala Biro LBH GMBI distrik Lampung Selatan Muhammad Ridwan SH Bersama Basnu Aripin salah satu Tokoh Masyarakat Palas Jaya

LAMPUNG SELATAN, Berita.IMN.com Perwakilan Masyarakat Desa Palas Jaya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel ) Mendatangi kantor Lembaga Bantuan Hukum Gerakan masyarakat Bawah Indonesia ( LBH GMBI ) Lamsel, Jalan Stadion Jati, Rukun Way Lubuk, Kalianda, Depan Gor Way Handak, terkait persoalan pengelolaan pasar Jum’at yang terletak di Desa Palas Jaya tepat nya depan Kantor Desa, Sabtu (11/09/2021).

Dalam kedatangannya, masyarakat Palas jaya memberikan kuasa kepada LBH GMBI untuk mendampingi dalam menyampaikan keluhannya kepada Pemerintah Daerah ( Pemda ), karena di ketahui pasar tersebut selama ini dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), namun pengelolaanya dinilai sangat ambuladul, pasalnya sampah diduga tidak di kelola dengan benar, dan sampah pasar harusnya tidak menggangu kesehatan masyarakat setempat. Apalagi ketika musim penghujan tiba, menyebabkan banyaknya kubangan, tentunya hal itu membuat pedagang tidak nyaman, terlebih dengan kondisi kios yang banyak mengalami kebocoran pada atapnya.

Seperti yang disampaikan Basnu Aripin, salah satu Tokoh Masyarakat Palas jaya, Ketika di konfirmasi, Basnu menyampaikan bahwa Masyarakat Desa Palas Jaya menginginkan pengelolaan pasar Jum’at di kelola kembali Oleh Desa, supaya Desa mendapatkan Pendapatan Asli Desa ( PAD ), serta pengelolaan pasar juga dapat dikelola dengan baik, seperti sampah, saluran air dan kios tempat pedagang yang sekarang ini sudah di bongkar, agar tidak kumuh seperti sekarang ini, yang sangat menggangu kenyamanan masyarakat.

“Bermula pasar itu memang milik Desa, waktu itu nama nya kelangan Jumat, sekarang pasar Jum’at, jadi kami memohon kepada pemerintah khususnya Bupati agar mempercayai¬† Desa kami untuk mengelola, bila mana Pemda ingin desa di Lampung Selatan ini Maju dan berkembang,” Ujar Basnu yang diketahui sebagai mantan Atlet Tinju di era tahun 1980 ini.

Hal ini selaras dengan ungkapan Muhammad Ridwan SH, Kepala Biro LBH GMBI distrik Lampung, dalam ketika konferensi pers di kantor nya,” Sebagai LBH, kami wajib membantu masyarakat untuk menjembatani antara masyarakat Dengan Pemda, dan hari ini kami menerima surat kuasa dari perwakilan masyarakat Desa Palas Jaya, untuk membantu memperjuangkan pengelolaan pasar Palas jaya,¬† lalu menyampaikan kepada Pemerintah Daerah, agar pasar yang berada di Desa mereka, dapat dikelola dan menjadi Aset Desa seperti” tuturnya.

Lebih lanjut, Muhammad Ridwan menambahkan,” Mereka sengaja datang ke kantor kami, Meminta bantuan kepada kami
Yang mana pasar tersebut saat ini masih pasar pemkab Lamsel, seluruh masyarakat Desa Palas Jaya mengharapkan agar pasar tersebut bisa di kelola oleh desa kembali, seperti pasar- pasar yang ada di desa lain seperti pasar Bumi daya kecamatan Palas misal nya, saya lihat pasar tersebut bisa tertata rapi dan berkembang setalah di kelola oleh desa,” tambahnya.

Terkait langkah pertama yang akan di tempuh, Muhammad Ridwan juga menerangkan, bahwa mereka akan melakukan Audiensi dengan Pemkab Lamsel, agar memberikan izin pengelola’an kepada pihak Desa, juga pasar tersebut bisa menjadi Aset Desa.

“Menurut pandangan saya selaku Kuasa Hukum Masyarakat, langkah ini sangat tepat kalau aset tersebut di serahkan ke Desa.
Harapan saya agar memberikan izin kepada masyarakat untuk mengelola kembali seperti semula, agar pasar itu bisa maju dan berkembang,” tutupnya.

(Ahy/Tim).

author

Author: