Peringati HUT PGRI Dan HGN 2021, Guru Jadi Petugas Upacara

KARAWANG JAWABARAT, Berita.IMN.com –  Memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) ke- 76 dan Hari Guru Nasional (HGN). SDN Sabajaya I, II, dan III mengadakan upacara peringatan HUT PGRI dan HGN di Halaman SDN Sabajaya III, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawabarat, Kamis (25/11/2021).

Upacara bendera yang di laksanakan setiap hari senin, sudah menjadi rutinitas wajib bagi setiap sekolah. Namun berbeda dengan sekolah yang satu ini yakni SDN Sabajaya III. Seluruh guru beserta para staf di SDN sabajaya  yang bertugas sebagai pelaksana upacara seperti menjadi pemimpin upacara, penggerek bendera, paduan suara serta ajudan pembina upacara. Dibina langsung oleh bapak Nurhasan, diikuti peserta didik SDN Sabajaya I, II dan III.

Peringatan hari guru kali ini, di angkat dengan tema nasional, ” Guru Penggerak Indonesia Maju”. Tujuan yang menjadikan para guru sebagai pelaksana upacara merupakan implementasi bahwa guru adalah penggerak dalam berbagai aktivitas pendidikan.

Dalam amanat pembina upacara juga menyampaikan, dan harapannya, tak terasa waktu begitu cepat berlalu dan kita pun diijinkan oleh Tuhan untuk kembali singgah dimomentum Spesial peringatan HUT PGRI Ke-76 dan Hari Guru Nasional 25 November tahun 2021. 76 tahun sudah kita menyapa guru, serta segenap Pelaku pendidikan lainnya. 76 tahun sudah kita berupaya untuk mengapresiasi para guru dan memenuhi hak mereka.

” Namun, Pada hampir dua tahun terakhir ini wajah pendidikan indonesia sedikit kusam dan lebih mengerut daripada tahun-tahuh sebelumnya, sebagai imbas tamparan pandemi Covid-19. Wabah tersebut adalah ujian nyata bukan hanya bagi eksistensi pendidikan di indonesia melainkan pula didunia,” Ucap pembina upacara di tengah-tengah amanatnya.Tambahnya alhasil, mau tidak mau, suka dan tidak suka, segenap guru harus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar mengajar.

” Kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat para guru, namun malah membangkitkan kompetensi digital para guru. Lahir sistem Pembelajaran daring, sistem pembelajaran jarak jauh, hinggalah pembelajaran tatap muka dengan kondisi terbatas maupun penuh. Berbarengan dengan hal tersebut, beberapa kali terbit pula blended learning yang disesuaikan denan keadan,” ujarnya.

Sekarang, para orangtua semakin sadar akan pentingnya membingbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai aksererator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai Sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di duna pendidikan.

Ia (Pembina Upacara-Red) berharap, mari kita gaungkan semangat kepedulian dengan balutan sikap optimis untuk kembali memulihkan negeri, kita sudah rindu melihat wajah pendidikan indonesia kembali tersenyum lepas. Tapi tetap saja dibutuhkan keringat yang tidak sedikit.

” Pada momentum yang berbahagia ini saya dengan tulus mengucapkan, Selamat HUT PGRI Ke-76 dan hari Guru Nasional yang Ke-76 tahun 2021. Bergeraklah dengan dan dari hati, lalu bersatu kita demi memulihkan pendidikan,” harapnya.

Seperti yang di katakan Harta yakni salah satu guru di SDN Sabajaya III,” Sebagai implementasi bahwa guru adalah penggerak dalam berbagai aktivitas pendidikan yang ada di lingkungan sekolah dan dapat memberikan contoh kepada seluruh peserta didik bahwa ketika diberi amanah tugas dan tanggung jawab apapun, harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” Ungkapnya.

( Mad ).

author

Author: