Pemkab Boyolali Ikuti Piloting Modul Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah

Surakarta ( Jateng ) beritaimn.com

Tiga pemerintah daerah mengikuti acara Piloting Modul Perencanaan dan Penganggaran Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah yang diselenggarakan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah. Acara yang diikuti Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Kabupaten Boyolali, dan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo bertempat di The Sunan Hotel Solo, Kota Surakarta pada Rabu (25/8/2021).

Ketua Panitia dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Irene Yufriana mengungkapkan kegiatan ini diharapkan mampu mewujudkan proses perencanaan dan penganggaran oleh Pemerintah daerah sesuai prosedur tahapan.

“Output yang diharapkan, para peserta memahami alur bisnis proses penginputan pada tahap perencanaan dan penganggaran ke dalam aplikasi sehingga nantinya dapat dilanjutkan hingga tersusunnya dokumen APBD Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Sukoharjo,” katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali Insan Adi Asmono yang mengikuti agenda berharap dengan adanya sistem informasi yang baik mampu membantu Pemerintah Daerah (Pemda) menyusun laporan keuangan dengan baik.

“Apapun prosedur, apapun mekanisme bisa ditempuh dengan lebih mudah karena prinsipnya teknologi informasi untuk mempermudah pekerjaan manusia,” ungkapnya.

Sebagai informasi, hingga Agustus tahun 2021, skor monitoring centre for prevention (MCP) Kabupaten Boyolali sudah mencapai 77 persen. Skor ini merupakan skor terbaik di Indonesia. 

Jurnalis Riyadi

author

Author: