Olahan ikan khas Makasar

JUKU PALLU CE’LA KULINER KHAS MAKASAR

Makassar berita IMN.com//22 Juni 2021
Tak ada yang tau siapa yg menciptakan kuliner Juku Pallu Ce’la dan tahun berapa, akan tetapi yang jelas kuliner ini adalah asli kuliner yang berasal dari pesisir pantai wilayah yag beretnis Suku Makassar. Dan hampir semua masyarakat Suku Makassar mengidolakan makanan ini sebagai salah satu menu andalan di meja makan. Karena selain sehat, murah dan tahan lama, juga sangat nikmat dipadukan dengan nasi panas dan irisan mangga muda (raca raca taipa) ditambah gangang balante (sayur bening) sudah cukup membuat keringatan dimeja makan.

Pasokan ikan yang berlimpah dari laut Sulawesi ternyata menghasilkan kreativitas untuk menjadikan ikan yangg gampang busuk menjadi tahan lama dan bisa dinikmati oleh penduduk baik didaerah pesisir itu sendiri, daratan dan pegunungan.

Pada umumnya ikan yg diolah sebagai Juku Pallu Ce’la adalah Ikan Sibula. Ikan jenis ini memang lebih cocok dijadikan Ikan Pallu Ce’la ketimbang dimasak atau digoreng langsung karena banyak durinya. Dalam proses pemasakan Juku Pallu Ce’la, duri ikan akan melembut dan tambah lembut lagi ketika digoreng pada saat akan disajikan.

Selain Ikan Sibula, masyarakat memodifikasi dengan membuat Pallu Ce’la dari Ikan Tenggiri atau Ikan Bandeng.

Proses pembuatan Juku Pallu Ce’la cukup sederhana dan gampang yaitu ikan dimasukkan dalam kaleng kemudian direbus dengan menggunakan garam dan kunyit dengan proporsi tertentu. Garam dan kunyit inilah yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami. Selanjutnya ikan dimasak cukup beberapa jam saja. Setelah itu siap disantap. Bisa dipanaskan lagi atau digoreng.

Foto. : Koleksi Pribadi Arsy Koe
Lokasi : Desa Bontosunggu, Dusun Tamasongo, Kec. Galesong Utara Kab Takalar (RUdy IMN)

Rate this article!
Olahan ikan khas Makasar,0 / 5 ( 0votes )
author

Author: