Miris Bukan Hanya Tak Pasang Papan Informasi : Pekerjaan Turap Di Dusun Tambunsari Karyamakmur Batujaya Diduga Asal Jadi, Ada Apa Ini

 

KARAWANG |Berita.IMN.com – Pekerjaan yang di anggarakan oleh pemerintah diduga dikerjakan dengan asal asalan, itu terlihat seperti kegiatan pekerjaan Pembangunan Turap di Dusun Tambunsari RT 09 RW 04 Desa Karyamakmur Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Senin (28/6/2021).

Pasalnya saat awak media melakukan kontrol sosial terlihat dilokasi, pekerjaan pembangunan turap tidak terpasang papan informasi, sehingga sulitnya masyarakat ikut serta mengawasi pembangunan tersebut, selain itu pemasangan batu sebagai pondasi tidak digali sebagaimana mestinya, serta tidak menggunakan adukan basah, hanya dipasang diatas lumpur.

salah satu pekerja yang enggan disebutkan namanya mengatakan, bahwa pekerjaan turap saluran air, pekerjaannya dari Pemerintah Desa (Pemdes),” Ia tidak digali, tanahnya berlumpur. Papan proyek belum dipasang,” ungkapnya.

Tidak hanya itu lebih mirisnya pengerjaan yang baru empat hari pengerjaannya,
proyek dikerjakan dengan tidak menggunakan adukan tidak sebagaimana mestinya, dikarenakan kondisi tanahnya berlumpur. Untuk kualitas yang maksimal harusnya pondasi awal digali dengan kedalaman yang sudah ditentukan dalam RAB,” lokasinya juga seharusnya dikeringkan dahulu, ketika melaksanakan pemasangan batu belah,” terangnya, dilokasi turap.

Pekerjaan yang asal-asalan, tentu akan mengurangi kualitas bangunan, serta mengurangi anggaran yang sudah ditetapkan. Kurangnya pengawasan dari dinas terkait, mengakibatkan pihak pemborong lebih leluasa dalam membuat kecurangan.

“Anggaran yang sudah diplot itu pasti ada untungnya buat pemborong, jangan ingin mengeruk keuntungan lebih banyak lagi, dengan tidak memperhatikan kualitas bangunan turap. Yang lebih anehnya lagi pengawas dari Dinas dan konsultan, terkesan diam saja, ada apa ini…, ” ucapnya.

Ditempat yang sama, menurut warga setempat yang namanya ingin dirahasiakan mengatakan, pekerjaan turap tersebut bukan pekerjaanya Desa, dan pekerjanya bukan dari warga setempat,” Melainkan berasal dari Kuningan dan bogor,” jelasnya.

Disisi lain menurut Kepala Desa Karyamakmur pada saat dihubungi via mesengger menjelaskan, itu Bukan pekerjaan saya atau pemerintah desa,” tapi itu pekerjaannya Dinas,” ujarnya.

Seperti tidak adanya papan proyek pada pekerjaan pembangun Turap di Dusun Tambunsari Desa Karyamakmur, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Padahal, transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya. Dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek seperti yang terpantau di Dusun Tambunsari Desa Karyamakmur Kecamatan Batujaya, yang tidak menyertakan Papan Pengumuman Proyek, sudah jelas berarti tim pelaksana Sudah menabrak aturan, Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal.
( Tim ).

author

Author: