Keterisian Isoter di GOR Klaten Menurun Tinggal 24 Orang

Klaten JATENG kompas86.com

Minggu 15 Agustus 2021

Jumlah pasien Covid-19 yang ada di tempat isolasi terpusat (isoter) GOR Gelarsena Klaten mulai menurun jadi 24 orang. Disis lain, Pemkab Klaten akan segera melakukan kajian untuk mencari tahu penyebab menurunnya tingkat keterisian isoter tersebut.

Hal itu dikatakan Tim Ahli Satgas Penanganan Covid-19 Klaten, Ronny Roekmito. Jumlah pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi di GOR Gelarsena Klaten saat ini tinggal 24 orang. Jumlah itu jauh menurun dibanding beberapa pekan lalu yang sempat terisi sekitar 89 orang.

Isolasi terpusat memang sedikit terjadi penurunan. Ada beberapa faktor, misal di GOR ini terbatas ya hanya untuk laki- laki. Kemarin ada beberapa pasien yang satu keluarga, akhirnya ya dibawa ke Donohudan, ujarnya, Sabtu (14/08/2021).

Pihaknya mengaku akan melakukan evaluasi untuk mencari tahu penyebab penurunan tingkat keterisian isoter di GOR Gelarsena Klaten. Evaluasi nanti sangat penting karena harus dipastikan apakah memang sudah tidak ada yang bisa didorong ke isoter atau karena persoalan lain. 

Kita akan evaluasi mengapa dengan jumlah kasus yang ada ini ada yang isoman, ada yang di rumah sakit, ada di isoter. Kita cari tahu isoter ini menurun dalam arti apkah benar- benar sudah tidak ada yang bisa didorong atau hal lain, kata dia.

Sampai saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 di Klaten masih 1.263 orang. Ronny mengimbau kepada pasien Covid-19 agar mau menjalani isolasi secara terpusat. Pihaknya memastikan segala kebutuhan selama di isoter juga terjamin mulai dari logistik hingga layanan kesehatan.

Isolasi terpusat tetap kita siapkan, bahkan yang ditingkat kabupaten sudah ditambah anggarannya. Sebetulnya isolasi di rumah itu boleh, tapi harus memenuhi syarat, pungkasnya.

Jurnalis Riyadi

author

Author: