Kadinkes Sumenep Harapkan Semua Sekolah Lakukan Vaksinasi Covid-19, Untuk Membentuk Imun Kekebelan Tubuh Bagi Siswa

 

SUMENEP, Berita.IMN.com – Guna untuk menangkal virus Corona/COVID-19 masih mengancam kehidupan manusia di seluruh penjuru dunia, khususnya di negara Indonesia, Kepala Dinas Kesehatan ( Kadinkes ) AGUS MULYONO, MCH Sumenep meminta Siswa-Siswi sekolah untuk segera melakukan vaksinasi, Rabu (24/11/2021).

Vaksinasi tersebut guna untuk membentuk imun atau kekebalan tubuh bagi para Siswa sekolah, agar nantinya bila ada virus Corona yang menempel pada tubuhnya tidak akan begitu parah untuk menyerang orang tubuh siswa, sehingga akan mengurangi angka kematian.

Karena virus Corona sekarang terus bermutasi dan menghasilkan varian atau virus baru (COVID-19 varian Delta), berdasarkan informasi virus tersebut diketahui lebih cepat menular dibandingkan jenis sebelumnya. Khususnya kepada para anak-anak, remaja, dan orang dewasa di bawah usia 50 tahun, juga kepada orang dengan kelainan sistem imun, serta orang-orang yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 juga berisiko tinggi terinfeksi Covid-19 varian Delta.

Maka dari itu, atas nama Pemkab Sumenep melalui AGUS MULYONO, MCH Kadinkes Sumenep meminta kepada para guru untuk terus memotivasi muridnya, guna untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Karena, jika 90% warga di lingkungan sekolah sudah divaksin, maka kekebalan kelompok akan terbentuk dan Covid-19 insya Allah tidak akan menyerang begitu parah.

“ Wali kelas harus meyakinkan muridnya supaya mereka mau ikut vaksin dan orang tua/Wali murid juga harus bisa mendorong anaknya, karena ini penting untuk melindungi diri mereka,” pinta Kadis Kesehatan Sumenep kepada pihak Sekolah dan para ortu maupun wali murid.

Agus juga menjelaskan bahwa dalam untuk mengantisipasi dini penularan Covid-19, para sekolah harus membentuk kekebalan kelompok tubuh dengan melakukan vaksinasi sebanyak 90% dan tetap menerapkan prokes Covid-19, sehingga bila ada virus Corona tersebut dapat dilemahkan.

“ Covid-19 ini adalah virus yang mudah menular dari nafas ke nafas. Ia sangat ganas dan hidupnya di rongga paru-paru dan menyerang alat pernapasan manusia. Maka dari itu semua pihak, dari anak-anak sekolah, remaja dan dewasa harus segera melakukan vaksinasi, karena jika belum divaksin virus Covid-19 tersebut berpotensi mudah menyerang tubuh hingga mengakibatkan kematian” ucapnya.

Mengingat COVID-19 varian Delta kian banyak terlaporkan terjadi di Indonesia dan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sumenep masih rendah, AGUS MULYONO. MCH Kadinkes Sumenep, berpesan khususnya kepada para siswa sekolah dan masyarakat Sumenep agar segera melakukan vaksinasi dan tetap harus waspada untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku dan menghindari kerumunan.

“Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah penularan Covid-19 varian baru. Jadi, jangan ragu untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan tetap mengikuti prokes Covid-19 guna untuk meminimalkan risiko terpapar virus ini,” pintanya.

( A.zaini ).

author

Author: