Dua Kecamatan Di Karawang Ikuti Bimtek Kemendes Jaring Pewarta Desa

 

KARAWANG JAWABARAT, Berita.IMN.com – Dua Kecamatan di Kabupaten Karawang, mengikuti bimbingan teknis ( Bimtek ) Jaring Pewarta Desa, yaitu di Kecamatan Jayakerta dan Kecamatan Tirtajaya pada Selasa – Rabu (16-17/11/2021). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut merupakan upaya Kementerian Desa untuk mengembangkan kapasitas masyarakat desa dalam bidang jurnalistik.

Bertempat di Gor Putsal Desa Makmurjaya, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Peserta dari Kecamatan Tirtajaya di wakili oleh Desa Kutamakmur dan Kecamatan Jayakerta diwakili oleh Desa Makmurjaya, sedangkan peserta terdiri dari PKK 2 orang, Karangtaruna 2 orang, Pemdes 2 orang, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa (PLD) dan Kepala Desa. Hadir pula dalam kegiatan tersebut tenaga Ahli dan DPMD Kabupaten Karawang.

Desa-desa yang mengikuti bimbingan teknis tersebut merupakan desa yang menjadi pilot project oleh Kementerian Desa sebagai upaya mengembangkan kapasitasnya dalam bidang jurnalistik, sehingga kedepan diharapkan segala informasi yang ada di desa, dapat di informasikan secara maksimal dan tercover dengan baik melalui media informasi desa seperti website, twitter maupun sosial media.

Peserta yang mengikuti Bimbingan Teknis ( Bimtek ) mendapat materi Prinsip jurnalisme dan Teknik Penulisan Berita dan bagaimana cara menulis berita yang baik serta menjelaskan kode etik dalam dunia jurnalis.

Dalam kegiatan tersebut, Bung Harta selaku Pendamping Lokal Desa ( PLD ) perwakilan Kecamatan Tirtajaya mengungkapkan, banyak manfaat yang di dapat dari kegiatan tersebut. Selain mendapat banyak ilmu baru, bertemu dengan jurnalis profesional merupakan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Saya jadi mengerti bagaimana cara menulis berita yang baik, cara memfoto yang baik dan membuat berita video yang baik. Lebih dari itu saya menjadi banyak mengerti seperti apa dunia jurnalistik. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan,” Kata Bung Harta pada Berita.IMN.com, Rabu (17/11/2021).

Lebih lanjut, ia ( Bung Harta-Red ) menambahkan, Mudah-mudahan ilmu yang kami peroleh dapat kami implementasikan di Desa.

” Kami akan terus belajar untuk menjadi jurnalis desa yang baik dan memiliki kode etik jurnalis yang akan terus kami jadikan pegangan,” tambah Bung Harta, selaku perwakilan Pendamping Lokal Desa Kecamtan Tirtajaya.

( Mad ).

author

Author: