Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Sebuah Rumah Di Dewisari Ludes Terbakar

 

Keterangan Gambar : Sebuah bangunan rumah milik keluarga Gunawan/Patmah warga Dusun Pacing Utara RT 07/03 Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, Senin (8/11/2021) pagi hangus terbakar dilalap si jago merah.

KARAWANG, Berita.IMN.com – Sebuah bangunan rumah milik keluarga Gunawan/Patmah warga Dusun Pacing Utara RT 07/03 Desa Dewisari Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, Senin (8/11/2021) pagi hangus terbakar dilalap si jago merah. Kebakaran diduga akibat konsleting listrik.

Beruntung saat peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 03.00 WIB, istri Gunawan beserta kedua anaknya langsung keluar rumah meminta pertolongan. Meski tidak ada korban jiwa, namun anak korban Yudi (21) terkena luka bakar ditubuhnya.

Dalam rekaman video amatir yang didapat dari tetangga korban, tampak api berkobar membakar pada bagian ruangan tamu, ruangan tengah, ruangan kamar dan atap rumah Gunawan. Warga yang melihat di lokasi kejadian semula tidak bisa berbuat banyak karena api tiba-tiba sudah membesar dan melalap semua ruangan dan bagian atas rumah.

Adik Korban, Tata (37) mengatakan diduga kebakaran yang meludeskan rumah milik kakaknya ini terjadi akibat korsleting arus listrik yang ada di ruangan tamu. Semua yang ada di dalam rumah ludes terbakar, seperti sebuah sepeda motor metik, uang tunai lebih dari Rp 46 juta, surat surat berharga dan barang-barang berharga lainnya.

“Saat kejadian, kakak saya dan dua anaknya ada didalam rumah, syukur alhamdulilah mereka semua selamat. Namun, anaknya yang paling besar terkena luka bakar akibat terjatuh pada saat mau memadamkan api, dan suaminya saat kejadian belum pulang bekerja,” ujar Tata pada awak media, Senin (8/11) pagi.

Satgas PB BPBD Rengasdengklok, Imam Subagja saat ditemui ditempat kejadian mengatakan, berdasarkan hasil keterangan dari anak korban, Yudi (21) mengatakan yang pertama melihat kebakaran terjadi adalah ibunya yang kemudian membangunkannya. Ia melihat percikan api bermula dari atap ruangan tamu yang membakar atap yang menggunakan bahan plastik dan berada di sekeliling lampu listrik.

Kemudian dengan cepat api menjalar ke yang lain, sehingga dirinya dan ibu beserta adiknya berlari keluar rumah dan meminta pertolongan para tetangga. Karena, api sangat besar hingga menunggu dari pihak pemadam kebakaran datang.

“Alhamdulillah, kejadian tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun anak korban terkena luka bakar ditubuhnya. Kerugian ditaksir hingga mencapai ratusan juta rupiah,” jelasnya.

Sementara, satu unit mobil pemadam kebakaran yang tiba dilokasi kejadian, setelah kurang lebih satu jam baru api bisa dipadamkan. Sedangkan barang-barang dan rumah milik korban tidak bisa diselamatkan.

Hingga kini, Polsek Rengasdengklok masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran tersebut.

(Red/Md).

author

Author: