Bahaya !! Tiang Kabel Jaringan Internet Miring Di Pinggir Jalan, Warga Dan Pengguna Jalan Cemas

Keterangan Gambar : Kondisi Tiang kabel jaringan Internet yang miring dan Menjutai Melintas Jalan, membahayakan Warga Dan Pengguna Jalan

KARAWANG || Berita.IMN.com Masyarakat dusun Cikangkung, Desa Ciptamargi, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang mengeluhkan terkait miring dan menjuntainya kabel dari tiang besi yang diduga milik salah satu provider jasa jaringan internet, dengan ciri tiang cat hitam, dan ada cat warna merah dan putih, walaupun agak sedikit usang diakibatkan berkaratnya tiang besi tersebut.

Menurut keterangan yang didapat dari warga sekitar, tiang tersebut sudah agak miring dari sejak 2 bulan usai pemasangan, kemudian lambat laun tiang tersebut makin parah kemiringannya, dan dikhawatirkan akan membahayakan warga sekitar maupun pengguna jalan, apalagi jika ada mobil dengan muatan tinggi melintas, karena posisi tiang tersebut tepat didekat simpang tiga samping irigasi dekat jembatan dari arah Kecamatan Tempuran maupun Kecamatan Rawamerta, tepatnya dekat jembatan simpang tiga dusun Cikangkung, Desa Ciptamargi ke arah Kantor Kecamatan Cilebar.

Seperti yang dituturkan Abah E (inisial), yang rumahnya kebetulan hanya berjarak sekitar kurang lebih 20 meter dari lokasi tiang, ketika awak media menanyakan apakah itu berbahaya atau tidaknya dalam bahasa sunda ia menuturkan, “Bising rubuh kitu” (Takut roboh gitu), lalu ketika ditanyakan apakah tiang itu sudah lama begitu, ia menjawab “Geus lila, barang nerapkeun palingge 2 bulanan dengdek kitu” (Udah lama, sejak dipasang kira-kira 2 bulanan miring begitu), Rabu (15/12/2021) siang.

Sementara itu, awak media mencoba meminta keterangan lebih lanjut kepada Ruyat Rusmana selaku Kepala Desa Ciptamargi, beliau pun menyayangkan dan meminta pihak terkait agar membenahinya, karena itu bukan ranahnya Desa, dan pihak Desa pun bingung harus melapor ke perusahaan yang mana.

“Terkait hal itu saya juga merasa khawatir dan menyayangkan atas pembiaran dari pihak perusahaannya, beritakan saja supaya terdengar oleh bagian pemeliharaan perusahaannya, saya juga gak tau itu punya perusahaan yang mana, makanya bingung.” Ungkapnya.

Usai meminta keterangan Kades setempat, awak media mencoba mencari tahu dan menghubungi nomor salah seorang yang diduga merupakan petugas bagian lapangan untuk area Kecamatan Cilebar dari salah satu perusahaan provider yang mempunyai tanda merujuk pada ciri tiangnya.

Ketika dikonfirmasi dan dikirimkan foto keadaan tiang yang miring kepada IY (inisial), guna menanyakan terkait kepemilikan tiang maupun tentang pemeliharaannya. Dalam pesan singkatnya, IY malah balik bertanya “Ada cat merah putihnya ga…”, lalu malah meminta titik koordinat lokasi tiang yang miring tersebut, “Coba kirim alamat lengkap nya sama serlok..”, kemudian ia membalas kembali, “Nanti sy sampaikan ke bagian perbaikan soalnya sy bukan bagiannya paling bisa menyampaikan, sy cuma sales. Terima kasih atas pemberitahuan nya.” Balasnya.

Berdasarkan jawabannya, seakan menunjukan terkait kebenaran bahwa kurangnya pengawasan dan pemeliharaan dari perusahaan provider untuk jalur kabel dan tiang yang berada di Kecamatan Cilebar tersebut.

(NN).

author

Author: